Kamis, 22 Oktober 2015

6 PRINSIP AGAR KELOMPOK TANI TUMBUH DAN BERKEMBANG

Agar kelompok tani bisa tumbuh dan berkembang sebagai mana yang menjadi tujuan dalam sistim penyuluhan pertanian tentu saja menggunakan prinsip prinsip yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik kelompok tani itu sendiri.  Sistim pembinaan dalam soal ini juga perlu dilakukan terus menerus karena itu sudah menjadi komitment pemerintah dalam menjalankan peranannya untuk pembinaan terhadap kelompok tani. Yang semuanya bertujuan untuk kepntingan pendapatan dan kebahagian kehidupan petani yang sejahtera. Adapun prinsip yang digunakan untuk menumbuhkannya ada 6

6 Prinsip agar kelompok tani bisa tumbuh berkembang adalah sebagai berikut:
  1. Kebebasan, artinya menghargai para individu/petani untuk berkelompok sesuai keinginan dan kepentingannya.  Setiap individu memiliki kebebasan untuk menentukan serta memilih kelompoktani yang mereka kehendaki sesuai dengan kepentingannya.  Setiap individu dapat menjadi anggota satu atau lebih dari kelompoktani.  
  2. Keterbukaan, artinya penyelenggaraan penyuluhan dilakukan secara terbuka  antara pelaku utama dan pelaku usaha.
  3. Partisipatif, artinya semua anggota terlibat dan memiliki hak serta kewajiban yang sama dalam mengembangkan serta mengelola poktan (merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan dan melakukan evaluasi).
  4. Keswadayaan, artinya mengembangkan kemampuan penggalian potensi diri para anggota dalam penyediaan dana dan sarana, serta pendayagunaan sumberdaya guna terwujudnya kemandirian poktan.
  5. Kesetaraan, artinya hubungan antara pelaku utama dan pelaku usaha harus merupakan mitra sejajar.
  6. Kemitraan, artinya penyelenggaraan penyuluhan yang dilaksanakan berdasarkan prinsip saling membutuhkan, saling menghargai, saling menguntungkan, dan saling memperkuat antara pelaku utama dan pelaku usaha yang difasilitasi oleh penyuluh pertanian.

 Demikian semoga bermanfaat


Tagged:

0 komentar:

Posting Komentar